Tipe Data Array Pada PHP

Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang tipe data array pada php, bagaimana cara membuatnya dan untuk apa fungsinya.

Array dalam bahasa Indonesia disebut juga sebagai Larik. Array berisi sekumpulan tipe data yang bernilai sama, maksudnya disini jika isinya tipe data String, maka semua datanya bertipe String, jika Integer maka semua datanya bertipe Integer.

Kita dapat menggunakan Array untuk menyimpan banyak nilai dalam 1 variabel, dan berbeda pada variabel pada umumnya yang hanya menyimpan 1 nilai saja. Jadi dapat disimpulkan pula jika Array dapat menampung banyak data sekaligus hanya dalam 1 pendeklarasian.

Tipe Data Array Pada PHP

Array dapat di akses berdasarkan nomor indeksnya. Seperti pada contoh gambar di atas. Dimana jika anda ingin mengakses elemen 1, maka indeks yang harus anda gunakan adalah indeks [0], elemen 2 indeks [1] dan begitu seterusnya. Selain itu Array juga memiliki ukuran, pada gambar di atas ukuran Array adalah 4 (Elemen 1, Elemen 2, Elemen 3, Elemen 4). Elemen pertama di mulai dari 0.

Di dalam PHP sendiri terdapat 3 jenis tipe array yakni Array Index, Array Assosiative, dan Array Multidimensi. Berikut penjelasannya :


Array Index

Indexed Array adalah tipe Array yang elemennya di akses berdasarkan nomor Indeksnya. Seperti pada penjelasan dari gambar di atas, dimana ketika ingin mengakses elemen 1, maka index yang harus kita gunakan adalah index [0], hal ini karena index array dimulai dari 0. Dan ada 2 cara untuk membuat array index, yakni :

Cara Pertama :

Mendeklarasikannya secara langsung menggunakan keyword array, sehingga nomor indexnya akan dihasilkan secara otomatis.

Cara Kedua

Mendeklarasikannya secara manual :

Output dari kedua cara di atas pun juga sama saja, sekarang mari kita tambahkan perintah print_r().

array index pada php


Array Assosiative

Array assosiative adalah array yang memilki pasangan key (kunci) dan juga value (nilai) yang dimana masing – masing value memiliki key – nya sendiri – sendiri, sehinggan untuk mengakses valuenya yang harus kita gunakan adalah nama key – nya. Berbeda dengan Array Index yang dimana bila ingin mendapatkan nilainya maka yang kita akses adalah nomor indeksnya.

Cara pendeklarasian array assosiative adalah seperti ini :

Jadi masing – masing key memiliki value – nya sendiri – sendiri, dan kita bisa mengakses valuenya berdasarkan key – nya. Contoh :

Dari contoh kode di atas saya ingin menampilkan output Jakarta, sehingga pengaksesan arraynya adalah dengan menggunakan key yang memiliki value Jakarta, yakni  :

array assosiative pada php

Selain itu, kita juga dapat menampilkan semua nilai array menggunakan konsep perulangan :

apa itu array assosiative


Array Multidimensi

Array Multidimensi merupakan konsep dimana di dalam array masih terdapat array lagi. Multidimensi disini dapat menjadi array 3 dimensi, array 4 dimensi, dan seterusnya tergantung pada tingkat kedalaman array tersebut. Dan umumnya, semakin banyak tingkatan array yang dirancang oleh developer, akan lebih sulit lagi untuk di atur.

Dalam contoh di bawah ini saya berikan contoh Array 2 Dimensi :

Dan jika kita print_r() untuk melihat struktur nya, gambaran dari array 2 dimensi adalah seperti ini :

apa itu array multidimensi

Dapat anda lihat pula, kalau dalam array multidimensi sendiri, tiap arraynya juga di berikan nomor indeks. Dan untuk mengakses array ini, kita dapat menggunakan keyword foreach(), dimana yang akan kita looping adalah indeks dari nilai tiap array. Yakni :

Perhatikan contoh di bawah ini :

apa itu array multidimensi

Sedangkan untuk pembuatan array dimensi tingkat 3 / 4 / 5, kita hanya perlu memasukan array baru di dalam tingkatan array yang lebih dalam. Seperti ini :


Demikian tutorial dari tipe data array pada php, silahkan kunjungi tutorial php lainnya seperti perulangan pada php, apa itu pemrograman berbasis object, apa itu namespace ?.

Jika masih ada yang bingung dalam penjelasan materi di atas, silakan beri komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Tipe Data Array Pada PHP”

× Contact Us