Perbedaan Metode GET dan POST

Pada tutorial kali ini kita akan membahas perbedaan metode GET dan POST yang sering digunakan dalam hal mengirim dan mendapatkan data. Jadi pada dasarnya GET dan POST adalah metode pengiriman yang digunakan dalam proses pengiriman data pada Form. Namun antara GET dan POST memiliki perbedaan, apa saja perbedaan itu ?. Mari kita lihat satu per satu.

Pengertian Metode GET

Pada metode GET nilai dari form yang dikirim dapat dilihat langsung pada URL, salahs satu contohnya adalah seperti ini :

Silahkan ketik code di bawah ini :

Lalu jalankan, maka outputnya seperti gambar di bawah ini :

perbedaan metode get dan post

Untuk melihat hasil dari data yang dikirim menggunakan metode GET, kita dapat menggunakan perintah $_GET. Silahkan tulis code di bawah ini dibawah code di atas :

Perbedaan Metode GET dan POST pada PHP

Namun jika anda ingin menampilkan hasilnya sendiri – sendiri kita dapat menampilkannya berdasarkan nama key nya. Contoh :

apa itu method post

Karena hasil pada metode GET akan terlihat pada url browser, oleh karena itu jangan pernah gunakan metode ini untuk memproses data yang bersifat sensitive seperti data password yang sering dipakai dalam hal proses registrasi user.

Lalu kapan baiknya menggunakan metode GET ?.

Anda bisa menggunakan metode ini untuk mendapatkan data seperti id user, sesuai arti dari namanya, yakni GET yang berarti mendapatkan. Metode GET pun juga biasa digunakan untuk menampilkan data user tertentu atau data yang lebih spesifik seperti menampilkan profil user tertentu berdasarkan id nya.

Dan juga sering digunakan dalam hal pencarian data sebagaimana saat kita melakukan pencarian pada Google, maka Google akan menampilkan keyword yang kita ketikan.

pengertian metode get

Dan terakhir sebagai informasi tambahan, panjang string pada metode GET sangat dibatasi. Oleh karena itu jika anda ingin mengirim data yang panjang stringnya melebihi 1024 karaker sebaiknya anda menggunakan metode POST.

Pengertian Metode POST

Pada metode POST data yang dikirim tidak akan ditampilkan pada url browser sehingga metode pengiriman ini lebih aman untuk data – data yang sifatnya sensitive seperti password atau nomor kartu kredit. Oleh karena itu metode ini sering digunakan dalam hal registrasi user atau login.

Metode POST juga sering digunakan dalam hal proses upload data, seperti proses upload gambar atau file pdf ke server. Metode POST juga dapat anda gunakan untuk mengirim data berukuran besar. Untuk menggunakan metode POST sendiri keyword yang digunakan adalah $_POST.

Output :

fungsi method post pada php


Demikian tutorial dari perbedaan metode GET dan POST pada PHP. Silahkan kunjungi tutorial PHP lainnya seperti Class dan Object pada OOP, pengertian pengkapsulan pada OOP, atau apa itu Inheritance dalam konsep OOP.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Perbedaan Metode GET dan POST”

× Contact Us