Pengertian dan Cara Menggunakan Perulangan pada PHP

Dalam tutorial kali ini kita akan mempelajari tentang Pengertian dan Cara Menggunakan Perulangan pada PHP. Perulangan atau yang juga dikenal dengan istilah looping termasuk dari struktur kendali (flow control) seperti percabangan. Namun konsep Perulangan berbeda dengan konsep Percabangan.

Bila pada Perulangan statement akan terus dijalankan SELAMA kondisi masih bernilai benar  (true), dan baru akan berhenti apabila kondisi sudah bernilai salah (false).

Dengan konsep Perulangan akan mempermudah anda untuk menjalankan statement sampai pada kondisi tertentu. Dan berbeda jika anda melakukannya secara manual yang akan banyak menyita waktu dan tenaga.

Contoh, saya ingin mencetak nilai dari 1 sampai 5 menggunakan cara manual tanpa menggunakan konsep perulangan.

Dan di bawah ini adalah hasil dari kode sumber di atas :

pengertian dan cara menggunakan perulangan pada php

Dalam membuatnya saja sudah agak bosan, walau hanya tinggal copy paste. Tapi saya masih harus merubah angkanya menjadi 2 / 3 / 4 / 5. Jika bingung maksudnya, coba tulis kode sumber di atas.

Dan jika statement yang ingin dijalankan hanya 5, tentu tidak masalah. Namun, bagaimana jika saya ingin mencetak sampai 200 kali…?.

Oleh karena itu di perkenalkanlah konsep Perulangan untuk mempermudah dalam pembuatan program.

Contoh, saya ingin mencetak angka dari 1 sampai 200.

Dan di bawah ini adalah hasil dari kode sumber di atas :

yang dimaksud perulangan pada php

Sederhana….

Konsep perulangan ini lebih sering digunakan dalam hal menampilkan data berbentuk Array, dan fungsi yang digunakan untuk menampilkannya adalah fungsi Foreach atau digunakan sebagai counter (tanda penghitung suatu statement).


Karena sekarang anda telah selesai mempelajari materi Pengertian dan Cara Menggunakan Perulangan pada PHP ?.  Selanjutnya adalah mempelajari tentang fungsi – fungsi yang biasa digunakan untuk membuat perulangan seperti WhileDo WhileFor, dan juga Foreach.

Ke setiap fungsi – fungsi tersebut memiliki cara kerja yang berbeda – beda, bila pada While perulangan akan dijalankan lebih dulu baru statement, sedangkan pada Do While, statement akan dijalankan lebih dulu baru perulangannya, kemudian untuk perulangan For adalah perulangan yang jumlah perulangannya sudah ditentukan sejak awal pembuatan, dan terakhir perulangan Foreach biasa digunakan untuk memproses data Array.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Pengertian dan Cara Menggunakan Perulangan pada PHP”

× Contact Us