Pengenalan Manajemen File pada PHP

Pada tutorial ini kita akan membahas tentang pengenalan manajemen file pada PHP. PHP memiliki kemampuan untuk membuat, merubah, membaca, dan menghapus data yang ada pada file (seperti notepad contohnya). Silahkan buat folder baru untuk manajemen file ini, dan buat juga file index.php karena kita akan melakukan pemrosesannya pada file index.php.

Jika sudah membuat folder baru dan file index.php, sekarang buat file bernama tes.txt dan isikan dengan data di bawah ini :

Jawa Timur = Majapahit, Singasari

Jawa Barat = Tarumanegara

Sumatra Selatan = Sriwijawa

Aceh = Samudra Pasai

Kalimantan = Kutai

Sulawesi = Bome

Maluku = Tidore

Sehingga file dan folder nya menjadi seperti gambar di bawah ini :

cara membuat membaca dan menghapus file pada php

Buka file index.php dan isikan dengan script di bawah ini :

Maka semua data yang ada dalam file tes.txt akan ditampilkan. Sesuai namanya, keyword readfile() adalah fungsi PHP yang digunakan untuk membaca isi file.

menulis file pada php

Namun sayangnya fungsi readfile() memiliki fitur yang terbatas. Karena itu nantinya untuk manajemen file kita akan menggunakan fungsi seperti fopen, fclose, fread.

Manajemen file ini juga termasuk bagian yang penting dalam hal pembuatan Website. Namun tidak semua web developer menggunakannya. Biasanya juga diterapkan sebagai tempat menyimpan nilai, contohnya seperti penyimpanan jumlah total pengunjung suatu website (counter).

Pada manajemen file terdapat 2 mode yang umum diterapkan dalam pengaplikasiannya, yakni mode read dan write. Mode read adalah mode dimana kita hanya membaca isi file seperti menampilkannya ke browser, sedangkan mode write adalah mode dimana kita mengisi atau merubah isi dalam file. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait dengan mode – mode tersebut :

Mode Deskripsi
r Membuka file hanya untuk di baca.
r+ Membuka file hanya untuk mode baca dan tulis.
w Membuka file hanya untuk mode tulis saja. Dimana kita dapat menulis isi dalam file tersebut. Secara otomatis isi dari file sebelumnya juga akan dihapus atau akan membuat file baru jika file tersebut belum ada.
w+ Membuka file hanya untuk mode baca/tulis dan juga akan menghapus konten yang sudah tertulis di dalam file atau membuat file baru jika file tersebut belum ada.
a Membuka file hanya untuk mode tulis saja dan data yang sudah ada di dalam file juga tidak akan dihapus.
a+ Membuka file hanya untuk mode baca/tulis. Data yang ada di dalamnya tidak akan dihapus.
x Membuat file hanya untuk mode tulis. Apabila file yang akan dibuat sudah ada, akan menghasilkan error.
x+ Membuat file baru hanya untuk mode baca/tulis dan akan mengembalikan nilai FALSE jika file sudah ada.

Untuk tutorial selanjutnya, yakni membuat, membaca, menulis, dan menghapus file. Silahkan kunjungi Cara membuat, membaca, menulis, dan menghapus file pada PHP.

× Contact Us