Contoh konstanta pada php dan penerapannya

Pada tutorial ini kita akan membahas tentang Contoh konstanta pada php dan penerapannya, dan juga apa bedanya konstanta ini dengan variabel biasa ?

Konstanta adalah sebuah identifier yang memiliki nilai seperti sebuah variabel, namun nilainya tidak dapat dirubah alias TETAP. Contohnya digunakan untuk menyimpan nilai jari – jari lingkaran. Dan berbeda dengan variabel biasa yang nilainya dapat dirubah.

Konstanta dapat di akses dimana saja, yang berarti juga dapat di akses dari dalam fungsi.

Pendefinisian konstanta dalam PHP menggunakan keyword define(). Dan tidak menggunakan tanda dollar seperti pembuatan variabel.

Anda dapat membuat konstanta dengan awalan huruf atau underscore, dan tidak bisa bila di awali dengan angka.

Sintaks dasar pembuatan konstanta adalah seperti ini :

Keterangan :

Nama : mendefinisikan nama konstanta.

Nilai : mendefinisikan nilai konstanta.

Case – Insensitive : menspesifikasikan kapan konstanta itu bersifat Case – Insensitive, secara default nilainya adalah False.

Case Sensitive berarti Nama Konstanta tersebut kapital/tidak kapital, harus sesuai dengan penulisannya jika anda memanggilnya. Sedangkan pada Case – Insensitive anda tidak perlu memperhatikan penulisan kapital/tidaknya.

Di bawah ini adalah contoh Konstanta case – sensitive. Huruf kapital / tidak kapital harus diperhatikan.

di bawah ini adalah hasilnya :

contoh konstanta pada php dan penerapannya

Contoh di atas adalah contoh konstanta yang memperhatikan pemakaian kapital atau tidak dalam pemberian nama konstanta. Jika anda salah dalam penulisan kapitalnya, (seharusnya Cetak, menjadi cEt4k), maka pesan error akan muncul.

Namun, anda juga dapat membuat nama konstanta tersebut tidak mempedulikan apakah menggunakan kapital atau tidak. Yakni dengan menambahkan keyword true saat anda mendeklasikannya.

Dan di bawah ini adalah hasilnya :

vairabel konstanta pada php

Konstanta pun dapat digunakan dari dalam fungsi maupun dari luar fungsi.

Dan di bawah ini adalah hasilnya :

konstanta pada bahasa pemrograman


Demikian tutorial dari contoh konstanta pada php dan penerapannya, silahkan kunjungi tutorial lainnya seperti tipe data pada php , atau pengertian dan penerapan operator pada php.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Contact Us