Cara Menampilkan Output Pada Node JS

Sekarang kita akan mempelajari cara menampilkan output pada Node JS. Karena Node JS adalah built in Javascript yang dapat kita jalankan pada sisi Server, maka kita juga bisa menampilkan outputnya ke dalam plain text HTML sebagaimana PHP.

Nah sekarang buatlah folder baru, bernama apa saja terserah kalian, bila saya akan menamai folder ini node_js pada drive D. Setelah membuat folder baru, masuklah ke dalam folder ini dan buatlah file javascript bernama script.js dan ketikan source code di bawah ini :

Untuk melihat outputnya bukalah cmd, kemudian arahkan path – nya ke lokasi file script.js tadi. Contoh :

cara menampilkan output pada node js

Buka browser lalu ketikan http://localhost:8080/ pada url browser untuk menampilkan outputnya.

apa itu node js

Penjelasan script di atas :

Script :

Kita gunakan untuk menangani protokol http dalam membuat dan menerima request dari server. http ini adalah library yang di impor dari node_modules, dan node_modules ini adalah direktori yang menyimpan library – library yang dimiliki Node JS.

Lalu script di bawahnya :

Kita gunakan untuk membuat objek server, fungsi writeHead() digunakan untuk menentukan response header dengan status code 200 dan tipe responnya adalah ‘text/html‘. Contohnya dapat anda lihat apabila anda inspect elemen ( ctrl+shift+i ) bila pada Chrome.

menampilkan output pada node js

Sedangkan fungsi end() kita gunakan untuk menulis sesuatu pada body halaman website sekaligus berguna untuk menutup respons, bila kita tidak menggunakan fungsi end() server akan terus mereload halaman yang padahal tidak ada lagi isi untuk ditampilkan.

Terakhir script listen(8080); kita gunakan untuk menentukan nomor port yang akan kita terapkan pada server untuk dijalankan, sehingga alamat urlnya adalah http://localhost:8080/.

Untuk menghentikan server / keluar dari program silahkan ketik ctrl+c pada cmd.

menghentikan server yang berjalan pada node js

Kita juga dapat memanipulasi outputnya dengan tag HTML :

Silahkan matikan dulu servernya, baru dijalankan kembali dengan command :

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat