Cara Membuat Module Sendiri Pada Node JS

Dalam tutorial ini kita akan membahas seputar Cara Membuat Module Sendiri Pada Node JS.  Module pada Node JS sama seperti library yang dimiliki oleh bahasa pemrograman. Misal library export Excel yang dimiliki PHP, dalam Module ini berisi fungsi – fungsi siap pakai sehingga kita tidak perlu membuat fungsi dari nol lagi.

Node JS juga memiliki jutaan module yang di distribusikan dalam bentuk paket dan modul – modul ini dapat kita install menggunakan NPM namun juga dapat kita buat sendiri. Jika ingin melihat daftar lengkap module – module yang dimiliki Node JS maka kunjungilah link berikut https://www.npmjs.com/.

Secara otomatis pula begitu kita menginstall Node JS, maka akan ada beberapa module yang langsung dapat kita gunakan seperti :

  1. http, module ini digunakan untuk membuat dan menerima request HTPP.
  2. fs, module ini digunakan sebagai module file system, yakni dimana kita dapat melakukan manajemen file & folder.
  3. url, module yang digunakan untuk parsing string dari URL, yakni mendapatkan query dari URL.
  4. querystring, adalah module yang digunakan sebagai query string.
  5. Dan module – module lainnya.

Module – module di atas tadi adalah module built in / module bawa’an. Contoh penggunaannya adalah seperti di bawah ini bila pada module http :

Lalu bagaimana caranya membuat module sendiri ?

Kita dapat membuat module sendiri apabila kita tidak mendapatkan module yang kita inginkan dalam NPM. Caranya sangatlah mudah, yakni dengan cara membuat property / methodnya kemudian di ekspor dengan fungsi exports yang dimiliki Node JS.

Contoh proses pembuatan property :

Contoh pembuatan method :

Untuk merangkum module yang kita buat sendiri, sekarang silahkan buat sebuah folder baru bernama node_js, setelah itu buatlah file Javascript bernama module.js sebagai tempat pendeklarsian module – module kita, dan buat juga file utama bernama script.js.

cara membuat module sendiri pada node js

Pada file module.js, silahkan ketikan code di bawah ini :

Lalu pada file script.js, ketikan code di bawah ini :

Script var op = require(‘./module.js’); kita gunakan untuk memasukan kode – kode yang ada pada file module.js ke dalam file script.js. Kemudian untuk menjalankan property dan method – nya kita dapat mengetikan perintah, misal op.tambah atau op.title. Sekarang jalankan file tersebut pada cmd dengan mengetikan perintah node script.js.

membuat module pada node js

Kemudian periksa hasilnya pada Browser dengan mengetikan http://localhost:8080/ karena nomor port yang kita definisikan adalah 8080 melalui sintaks .listen(8080);.

module pada node js

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *