Bagaimana cara menulis sintaks Javascript

Bagaimana cara menulis sintaks Javascript ?

Penulisan Javascript hampir sama dengan penulisan CSS. Yakni dapat dilakukan secara eksternal, internal, dan juga inline.

Bila secara eksternal, file Javascript berada di luar file inti (html/php). Sedangkan bila secara internal, file Javascript di letakkan di dalam tag head atau tag body. Dan terakhir apabila secara Inline, maka sintaks Javascript di letakkan di dalam elemen HTML itu sendiri. Untuk lebih jelasnya pemahaman anda, silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini :

Memasukan sintaks Javascript secara Internal

Dengan cara Internal kode sumber Javascript dimasukan ke dalam tag <script>, dimana tag ini juga berada di dalam tag <head>. Atau tag <script> diletakan di dalam tag body, di posisi mana saja.

Kode Javascript berada di dalam tag <head>.

Dan di bawah ini adalah hasilnya :

Silahkan anda isi sembarang text pada kolom Nama, kemudian klik tombol Klik Dong. Maka nilai yang anda input, akan tampil pada kolom di bawahnya.

bagamana cara menulis sintaks javascript

Di bawah ini adalah contoh kode Javascript yang berada di dalam tag <body>… </body>.

Hasilnya juga sama saja :

penulisan internal pada javascript

Peletakan terbaik kode sumber Javascript adalah pada tag body, pada posisi terbawah namun di atas tag penutup </body>. Kenapa di katakan sebagai posisi peletakan terbaik ?

Asal anda ketahui kalau kode sumber di terjemahkan oleh Browser / Server dari atas ke bawah. Karena Javascript ini memanipulasi elemen HTML, maka ada baiknya anda biarkan agar halaman memuat elemen HTML lebih dulu dari pada sintaks Javascript.

Contoh kasusnya adalah apabila anda memasukan fungsi alert pada halaman, dan anda letakkan fungsi ini di atas semua elemen HTML, maka fungsi alert inilah yang lebih dulu akan di terjemahkan oleh Browser.

Di bawah ini saya berikan contoh kasus dimana kode Javascript berjalan lebih dulu sebelum halaman selesai dimuat.

Perhatikan hasilnya pada gambar di bawah ini, dimana sintaks Javascript berjalan lebih dulu di bandingkan elemen HTML.

penulisan javascript terbaik

Lalu bandingkan hasilnya dengan kode sumber di bawah, dimana sintaks Javascript saya letakkan di bawah elemen HTML.

pengenalan javascript

Pada gambar di atas, elemen html berada di atas sintaks Javascript sehingga elemen HTML akan di jalankan lebih dulu.

Tapi, kasus seperti ini berbeda dengan pemrograman Server (PHP, ASP, JSP), karena kode sumber pemrograman Server di terjemahkan oleh aplikasi Web Sever bukan oleh Browser, sehingga anda dapat meletakkan sintaks pemrograman Server di mana saja, sekalipun berada di baris pertama dalam penulisan Kode Sumber.

Pada banyak contoh kasus pembuatan website, banyak yang menggunakan atribut type = text/javascript dalam tag <script>. Namun, hal ini hanyalah opsional, artinya anda boleh menggunakannya, boleh juga  tidak.

Memasukan Sintaks Javascript Secara Eksternal

Apabila kode sumber Javascript yang anda gunakan memiliki banyak sintaks dan sampai ribuan baris, ada baiknya menggunakan cara Eksternal. Dimana file Javascript diletakan secara terpisah dari file HTML. Lalu memanggilnya dengan atirbut src=”namafile.js”.

Sekarang silahkan anda buat file HTML – nya dengan nama index.html, di bawah ini adalah kode sumbernya, silahkan copas saja :

Dan sekarang silahkan anda buat file Javascript – nya dengan nama script.js. Karena nama script-nya harus kita samakan dengan nama file yang di ambil melalui atribut src dari kode sumber di atas yang bertuliskan :

<script src=”script.js“></script>

Dan di bawah ini adalah isi dari file script.js , silahkan copas juga :

Output :

penulisan javascript secara eksternal

Memasukan kode sumber Javascript secara Inline

Sedangkan pada cara Inline, anda memasukan kode sumber Javascript di dalam elemen HTML…

Output :

Sebelum di klik :

memasukan sintaks javascript secara inline

Sesudah di klik :

apa itu peulisan inline pada javascript

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Bagaimana cara menulis sintaks Javascript”

× Contact Us