Apa itu web server

Apa itu web server ?. Web Server digunakan untuk menerima request (Permintaan) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari user yang dikenal dengan istilah browser (Mozilla, Chrome, Opera, Internet Explorer, Microsoft Edge (baru di Windows 10), Safari.

Request ini dapat berupa Teks, Gambar, Audio, atau Video. Kemudian Web Server akan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang berformat HTML.

Berikut langkah – langkah bagaimana Web Server bekerja :

bagaimana web server bekerja

Anda sebagai Client meminta Internet untuk menampilkan halaman Google, maka Internet akan mengirim Permintaan tersebut ke Server. Kemudian Server akan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk plain text HTML dan sampailah permintaan halaman tersebut kepada Anda.

Ada banyak contoh dari Web Server, di antaranya :

  1. Apache Tomcat
  2. IIS
  3. Lighttpd
  4. Xitami Web Server
  5. Sun Java System Web Server

apache   pemrograman web server

Dalam prakteknya penulis menggunakan aplikasi Apache yang juga sudah include PHP, dan MySQL. Yakni dengan software Xampp, dengan begitu, anda tidak perlu menginstal ketiga aplikasi tersebut satu per satu.

apa itu xampp

Silahkan download dan install Xampp pada link berikut : https://www.apachefriends.org/download.html.

Begitu Selesai anda install, jalankan Xampp. Dalam aplikasi Xampp terdapat beberapa Modul (Apache, MySQL, FileZilla, Mercury, dan Tomcat). Sementara pada tutorial ini anda hanya perlu mengaktifkan Apache untuk menjalankan PHP dan MySQL untuk menjalankan MySQL namun itu nanti ketika masuk materi PHP – MySQL.

menjalankan xampp

Perlu anda ketahui bila kode sumber PHP di terjemahkan di Server, berbeda dengan Javascript yang kode sumbernya di terjemahkan pada sisi Client (yakni Browser). Oleh karena itu teknologi penerjemahan kode sumber di Server di kenal dengan istilah Server Side Scripting. Bahasa pemrograman website yang kode sumbernya di terjemahkan di Server tidak hanya PHP saja, namun ada bahasa pemrograman website lainnya seperti ASP, Coldfunsion, JSP, Perl, dan Phyton.

Nah setelah anda selesai mengaktifkan modul Apache dan MySQL sekarang silahkan anda instal Teks Editor. Teks Editor ini digunakan untuk menulis kode sumber. Ada banyak juga Teks Editor di Internet seperti Notepad++, Sublime Text, Brackets, Adobe Dreamweaver, dan Netbeans.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Apa itu web server”

× Contact Us