Apa Itu Static Property dan Static Method Pada OOP

Dalam tutorial kali ini akan membahas tentang Apa Itu Static Property dan Static Method Pada OOP.

Property dan juga Method yang dibuat di dalam Class tidak hanya dapat diakses melalui Objek saja. Namun anda dapat juga mengaksesnya dengan cara menulis nama Class yang mendeklarasikannya kemudian menambahkan sebuah operator khusus seperti ini ‘::’, barulah anda tulis nama Property / Method tersebut.  Contoh :

Pada contoh kode sumber di atas, anggap saja Class yang mendeklarasikannya adalah Class Manusia sedangkan $nama adalah Propertynya.

Cara seperti ini dikenal dengan nama Static Property / Static Method, dimana anda mencetak nilainya menggunakan nama Class. Sedangkan operator yang berada di tengah – tengah ‘::’ disebut operator Static.

Untuk membuat sebuah Property / Method menjadi Static, anda hanya perlu mendefiniskan keyword static sesudah keyword hak akses Property/Method (public / protected / private), dan sebelum nama Property / Method. Contoh :

Dengan menggunakan konsep Static ini kita akan lebih mudah dalam mencetak nilai yang ada di dalam Property/Method, karena tidak perlu meng – intansiasi kannya ke dalam bentuk Object. Namun pilihan tetap di tangan anda, ingin menggunakan konsep Static ini, atau tetap ingin membuat sebuah Object untuk mencetak Property / Method yang ada di dalam Class.

Dan berikut saya berikan contoh penggunaan Static Property / Static Method.

Dan gambar di bawah ini adalah output dari kode sumber di atas :

apa itu static property dan static method pada oop

Mengakses Static Property dan Static Method dari dalam Class

Ada perbedaan dalam hal pengaksesan Property / Method dari dalam Class. Bila secara normal kita menggunakan variable $this untuk mengaksesnya, namun dalam konsep Static kita harus menggantinya dengan keyword ‘self::’, seperti ini :

Contoh :

Hasil dari kode sumber di atas :

apa itu static property pada oop

Pada kode sumber di atas saya meletakkan Property $nama di dalam Method namaSaya(), dan tidak terjadi error, karena Property $nama sudah saya definisikan sebagai static. Namun jika Property $nama bukanlah bersifat static, maka akan memunculkan pesan error karena akan di anggap sebagai Property yang disiapkan untuk Object.

Mengakses Static Property dan Static milik Parent Class

Ada perbedaan pula dalam pengaksesan Property / Method pada Child Class dari Parent Class. Untuk mengakses Property / Method milik Parent Class anda harus menggunakan keyword :

Kode sumber di atas di tulis pada Child Class, sedangkan tulisan parent merujuk pada Property / Method yang di definisikan pada Class Parent tersebut. Berikut contoh programnya :

Dan berikut hasilnya :

pengertian static property dan method

Pada Class Parent (Class Manusia) saya membuat Property bernama $nama dan juga Method bernama berjalan(). Kemudian saya juga membuat Class Anak yang akan mengakses Property dan juga Method milik Class Parent. Untuk memanggilnya jika dalam konsep static saya menggunakan keyword parent::$nama untuk Property, dan parent::berjalan() untuk  Method.


Demikian tutorial dari Apa Itu Static Property dan Static Method Pada OOP.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Contact Us