Apa itu Pemrograman PHP dan Fungsinya

Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari tentang Apa itu bahasa pemrograman PHP dan Apa Fungsinya, bagaimana sejarahnya dan juga perkembangannya. Tutorial ini khusus untuk pemula yang belum tau fungsi pemrograman PHP sebagai bahasa Website.

Apa itu Bahasa pemrograman PHP ?. PHP awalnya diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf (gambar di bawah), dulunya bernama Personal Home Page namun sekarang telah berganti nama menjadi Hypertext Preprocessor. PHP merupakan bahasa pemrograman website yang kode sumbernya diterjemahkan di server.

Apa itu Bahasa PHP dan Fungsinya

PHP berfungsi sebagai bahasa pemrograman pada sebuah website. Dengan PHP isi atau konten pada website dapat berubah – ubah, sehingga website dapat dikatakan bersifat dinamis. Sementara website yang kontennya tidak berubah – ubah (tetap) bersifat statis.

Pada website dinamis, konten tersimpan dalam sebuah aplikasi Database. Dengan PHP, anda dapat berinteraksi dengan database tersebut lalu merubah konten2nya (Create, Read, Update, Delete), yang kemudian hasilnya ditampilkan lagi ke browser dalam bentuk plain text HTML.

web server

Sebelum anda mempelari PHP, ada baiknya jika…

  1. Anda mengerti HTML, CSS, Javascript.
  2. Dapat mengaplikasikan database seperti MySQL.
  3. Anda sudah menginstall Web Server dan menjalankannya.

Dalam membangun sebuah website, HMTL digunakan untuk membuat dokumen websitenya, CSS digunakan untuk mendesain tampilan website semenarik mungkin agar tidak terkesan monoton, dan Javascript digunakan untuk membuat website menjadi lebih interaktif. Sementara itu PHP digunakan sebagai pemrogramnya dan MySQL/Oracle/SQL Server sebagai pengakses query ke databasenya.

Banyak developer yang menggunakan PHP, bahkan Facebook pun dibangun menggunakan PHP. PHP bersifat open source, artinya berkode sumber terbuka dan dapat dikembangkan. Karena bersifat open source inilah pengaplikasian PHP dikembangkan sampai menjadi sebuah framework, seperti Codeigniter, Laravel, Yii.

Ekstensi PHP adalah *.php.

PHP dapat dijalankan di berbagi platform sistem operasi (Windows, Linux, Mac, Unix).

PHP compatible dengan berbagai aplikasi web server (Apache, IIS).

Dan yang lebih penting lagi, PHP memiliki banyak pengguna sehingga jika Programmer mengalami kesulitan saat menggunakannya, Programmer dapat bertanya kepada para Master PHP.

Sejarah PHP

Dikutip dari Wikipedia, PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1955. Sebelumnya bernama FI (Form Interpreted) yang wujudnya masih berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Lalu Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP (Personal Home Page). Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak developer yang tertarik untuk mengembangkannya, bahkan sampai saat ini versi PHP sudah mencapai versi yang ke 7 (PHP 7).

Di bawah ini adalah logo PHP 7.

tutorial pemrograman php


Demikian pembahasan dari Apa itu pemrograman PHP dan Apa Fungsinya. Selanjutnya kita akan mulai mempelajari tentang apa itu web server dan apa fungsinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Contact Us