Apa Itu OOP Pada PHP

Apa Itu OOP Pada PHP ?. OOP (Object Oriented Programming) atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Pemrograman Berbasis Objek (PBO) adalah konsep dimana Property / Variable dan juga Method / Fungsi di bungkus dalam sebuah Class, yang kemudian akan di terapkan pada Objek – objek yang di deklarasikan. Berikut contohnya dalam pemrograman PHP :

Class Manusia ini adalah nama Class – nya, $nama adalah property yang dimiliki class Manusia, sedangkan cetak() adalah fungsi yang juga dimiliki class Manusia. Dan setelah Class, Property, juga Method telah di definisikan, langkah selanjutnya adalah menginisialisasi – kannya ke dalam bentuk Objek. Contoh :

Konsep OOP telah menjadi standar dalam dunia pemograman saat ini, dan telah menggeser konsep pemrograman prosedural yang memecah alur program menjadi beberapa prosedur dalam bentuk fungsi. Selain itu terdapat istilah – istilah umum pada OOP ini.

  1. Class merupakan blueprint / kerangka dari Objek yang dibuat.
  2. Object merupakan inisialisasi dari Class, contoh kerangka Manusia adalah class – nya maka Amir, Hasan, Fitri adalah objeknya.
  3. Property adalah Asset yang dimiliki objek dan dapat di setting nilainya.
  4. Method adalah fungsi/aksi yang dimiliki objek dan dapat di jalankan.
  5. Dalam OOP juga dikenal konsep Pengkapsulan (Encapsulation), yakni proses melindungi Property dan Method dari pengaksesan dari luar Class.
  6. Dalam OOP juga dikenal konsep Pewarisan (Inheritance), dimana Property dan Method dapat diturunkan kepada Class lain.
  7. Constructor, merupakan method khusus yang secara otomatis akan dijalankan ketika Object dibuat.
  8. Destructor, adalah method khusus yang secara otomatis akan dijalankan ketika Object di hapus.
  9. Static Property dan Method.
  10. Variabel $this.

Untuk memahami tentang OOP lebih dalam lagi, coba perhatikan gambar Mobil di bawah ini :

konsep oop pada pemrograman php

Class adalah sketsa dari objek yang akan dibuat setelahnya. Seperti gambaran sketsa ban, pintu mobil, lampu depan dan juga belakang, kemudian dalam Mobil itu juga terdapat fungsi seperti berjalan, menge – rem, dan membunyikan klakson. Setelah gambar dibuat, barulah Mobil yang diciptakan, maka terciptalah objek mobil seperti Mercedes Benz, Ford, dan Nissan.


Demikian tutorial dari Apa Itu OOP Pada PHP, silahkan kunjungi tutorial pemrograman berbasis objek lainnya seperti

× Contact Us